Recents in Beach

Breaking

6.16.2011

Kriptografi Klasik

Kriptografi klasik adalah kriptografi yang digunakan pada masa-masa terdahulu. Di mana kriptografi digunakan untuk mengirim pesan-pesan rahasia penting yang tidak boleh bocor oleh pihak lain. Tercatat bahwa sekitar 4000 tahun yang lalu, bangsa mesir telah menggunakan hieroglyph tidak standar untuk menulis pesan. Sebenarnya, pada zaman Yunani kuno (400 SM) kriptografi sudah mulai dipelajari dan digunakan. Pada mulanya, kriptografi hanya populer dalam bidang militer, yaitu untuk menyandikan pesan rahasia panglima perang ke pasukan garis depan.
Kriptografi klasik termasuk kedalam kriptografi simetris karena kunci untuk mengenkripsi dan mendekripsi pesan adalah sama. Kriptografi klasik terbagi menjadi dua, yaitu cipher substitusi (substitution cipher) dan cipher transposisi (transposition cipher).

Gambar hieroglyph

by Lalu Galih Gasendra

Pustaka:
•Baldoni, M.W., Ciliberto, C., & Piecantini Cattaneo, G.M. (2009). Elementary Number Theory, Cryptography and Codes. Heidelberg: Springer.
•Lidl, R., & Pilz, G.(1997). Applied Abstract Algebra, Second Edition. New York: Springer.
•Menezes, A. J. ,van Oorschot, P. C, and Vanstone, S. S. (1996). Handbook of Applied Cryptography. USA: CRC Press, Inc.
•Munir, R. (2004). Diktat Kuliah IF5054 Kriptografi. Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.
•PGP. (2004). An Introduction to Cryptography. New York: PGP Corporation.
•Schneier, B. (1996). Applied Cryptography: Protocols, Algorithms, and Source Code in C, 2nd edition. John Wiley and Son, Inc.

No comments:

Post a Comment